Friday, November 9, 2018

USECASE dan CLASS DIAGRAM

Perancangan Sistem Pendaftaran Pasien Di Rumah Sakit UML

Perancangan Sistem Pendaftaran Pasien Di RumahSakit



PENGERTIAN UML (Unfied Modelling Language)

    UML (Unified Modeling Language) adalah tujuan umum, perkembangan, bahasa pemodelan dibidang rekayasa perangkat lunak, yang dimaksudkan untuk menyediakan cara standar untuk memvisualisasikan desain sistem.


JENIS-JENIS UML YANG SAYA GUNAKAN UNTUK PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI RUMAHSAKIT.

1. USE CASE DIAGRAM PEMBUATAN KRS 




Pada proses dasar  UML-Use Case diagram Pemeriksaan Rawat jalan terdapat enam proses utama yaitu registrasi yang dilakukan oleh actor pasien dan petugas, menentukan poli yang dilakukan oleh actor pasien dan petugas, pemeriksaan awal yang dilakukan oleh actor perawat dan pasien, pemeriksaan yang dilakukan oleh actor dokter dan pasien, memberikan resep yang dilakukan oleh actor dokter, dan pembayaran yang dilakukan actor pasien dan petugas. Pada use case pemeriksaan menginclude use case menentukan poli disini dimaksudkan bahwa pasien yang melakukan pemeriksaan awal telah menentukan poli mana yang dituju.Sedangkan pada use case menentukan poli menginclude use case registrasi disini dimaksudkan bahwa pasien yang melakukan penentuan poli harus terdaftar sebagai anggota rumah sakit. Dan terdapat use case tambahan ronsen yang mengextends use case pemeriksaan , disini terjadi apabila pemeriksaan membutuhkan ronsen.



2. CLASS DIAGRAM




Jika diurutkan mulai dari awal pasien berkunjung ke rumah sakit adalah sebagai berikut.
1.     Ketika pasien berkunjung dan mendatangi resepsionis rumah sakit akan ditanyakan sudah menjadi member atau belum.
2.     Jika tidak, pasien akan diminta data diri seperti attribute yang pada pada entitas Pasien. Jika member langsung memasukan jenis dokter yang diinginkan.
3.     Setelah melewati tahap data pasien melanjutkan mengisi entitas kunjungan, dimana terdapat 2 entitas yang dapat muncul setelah adanya data pada entitas kunjungan, yaitu : riwayat penyakit yang merupakan dihasilkan dari kunjungan dan penyakit-penyakit yang ada pada riwayat penyakit tentunya sudah dimasukkan terlebih dahulu pada entitas penyakit.
4.     Kemudian pasien akan berkunjun untuk berobat / check up ke dokter yang tercantum pada data kunjungan.
5.     Setelah berkunjung maka, dokter dapat memberikan resep kepada pasien yang akan dimasukkan ke entitas resep dan memiliki relasi pada entitas kunjungan agar dapat terhubung.



Referensi :
https://tulisanlily.wordpress.com/2013/12/18/activity-diagram-rumah-sakit/
http://jenniyuslauw.blogspot.com/2014/10/uml-class-diagram.html

No comments:

Post a Comment

Pengertian Desain Komunikasi Visual

 Desain Komunikasi Visual Pengertian Desain Komunikasi Visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengol...